Pages

Rabu, 20 April 2011

Interview dengan Duta 12th Jeonju International Film Festival, Kim So Eun!




12th Jeonju International Film Festival kembali diselenggarakan tahun ini dengan menghadirkan Jung Il Woo dan Kim So Eun sebagai duta besar.

Dalam waktu yang tidak terlalu lama, Kim So Eun sudah memikat perhatian publik. Mulai dari film “Fly Daddy Fly”, “The Show Must Go On”, drama “Sister of the Sea”, dan menarik perhatian dengan peran sebagai putri kerajaan di “Empress Chun Chu”. Setelah itu, muncul lagi dalam drama “Boys Over Flowers”. Dan pada Oktober tahun lalu, Kim So Eun menyelesaikan drama harian KBS “Happiness In The Wind” yang mempunyai episode sebanyak 173. Kim So Eun memulai langkah panjang dari tahun 2008 sampai 2010.
“Saya pikir, saya benar-benar sibuk beberapa tahun terakhir ini. Saat ini, merupakan istirahat panjang pertama saya setelah debut. Saya mempunyai banyak waktu untuk istirahat. Kembali kuliah, olah raga, dan dapat berbuat banyak untuk berbakti kepada orang tua. Satu-satunya perubahan setelah berakhirnya drama tahun lalu, saat saya pergi ke restoran, banyak para orang tua yang memanggil saya dengan sebutan ‘Oh Bok’ (tertawa) Dulu, sebelum BOF dan The Man Who Can’t Get Married, saat saya pergi ke restoran, tidak terjadi apa-apa. Tapi, sekarang saya menemukan beberapa perubahan. Para orang tua memuji peran saya sebagai ibu rumah tangga, dan menyambut saya dengan banyak senyuman.”
Istirahat sebentar dan kemudian melakukan aktivitas sebagai duta film festival. Berbeda dengan Jung Il Woo, yang selama menjalankan tugas sebagai duta sambil syuting drama “49 days”, Kim So Eun untuk sementara hanya menjalankan tugas sebagai duta, belum ada syuting drama ataupun film.
“Awalnya saya sangat terkejut saat mengetahui saya ditunjuk sebagai duta. Biasanya, saya pergi ke festival film hanya sebagai tamu atau penonton saja. Ketika sekolah, saya sudah terbiasa dengan pekerjaan sebagai aktris, tapi kali ini, sebagai duta merupakan hal khusus yang tersendiri. (berbeda dengan profesi sbg aktris).”
Jeonju International Film Festival, Busan International Film Festival, dan Bucheon International Fantastic Film Festival merupakan 3 film festival yang sangat diperhitungkan. Menjadi duta dari 12th JIFF telah menarik banyak perhatian. Bahkan sebelum dimulainya 12th JIFF, Kim So Eun pun sudah mulai menerima banyak perhatian publik.
“Sebelumnya aku pernah pergi ke beberapa film festival. Aku beberapa kali pergi ke Busan International Film Festival. JIFF, selain terkenal dengan makanannya, bibimbap, saya juga mendengar kalau JIFF terkenal dengan ‘Cinema Street’-nya. Saya ingin pergi ke sana juga.”
Tugas sebagai duta besar juga membantu para penonton untuk menikmati sajian yang ada dalam sebuah film festival. Tampilah wajah sebagai duta besar, sepanjang pertemuan di Jeonju, Anda juga disebut sebagai maskot oleh para penonton.
Sampai saat ini, tidak lama lagi lagi akan digelar pembukaan 12th JIFF. Sebagai duta festival tentunya sudah diberikan jadwal kegiatan. Apa yang ingin dilakukan Kim So Eun setelah melihat program sebagai duta?
“Di antara semua program pada saat festival nanti, aku ingin berpartisipasi dalam ‘Immortal Night’. Setelah pemutaran film pertama, akan ada acara pembagian makanan ringan, saya akan memikirkan makanan ringan apa saja yg akan saya makan sambil menikmati film sepanjang malam. Saya juga ingin merekomendasikan film untuk ditonton pada pembukaan, ‘ssimingwa nadeleu, byeolgeo’. Saya pernah mendengar kalau film itu bagus, dan disarankan kepada penonton untuk menonton film itu.”
Sebagai seorang aktris baru, peran sebagai seorang putri telah diakui dan menerima banyak cinta dari penonton. Sekarang apakah ingin berperan sebagai orang dewasa (dalam film/drama dewasa)?

“Peran saya dalam film komedi romantis tampaknya sudah berjalan dengan lancar, kan? (tertawa) atau peran saya dalam drama Empress Chun Chu yang menunjukkan banyak adegan aksi (bertarung). Sebelumnya saya sering latihan bermain ski sebelum menjadi aktris. Saya ingin mencoba adegan menantang (yang menggantung seperti kawat) seperti yang ada dalam drama Secret Garden.”
Punya keinginan untuk bermain dalam sebuah film. Namun dalam kenyataannya lebih sering bermain dalam drama. Sebagai mahasiswa jurusan film dan teater Chung Ang University, apakah ada keserakahan hanya ingin bermain dalam drama saja?
“Memang ada rasanya keserakahan hanya bermain dalam drama saja. Tapi aku juga tetap punya keinginan untuk bermain dalam film lagi. Aku juga ingin bermain dalam film musikal. Tampil dipanggung dalam sebuah pertunjukkan atau mengisi sebuah soundtrack, tapi aku takut, aku akan memiliki demam panggung (tertawa). Tentu saja berakting di depan kamera berbeda dengan berakting di depan penonton secara langsung. Rasanya saya perlu banyak latihan untuk itu.”
Setelah acara pembukaan film festival nanti akan benar-benar sibuk. Bertemu dengan banyak penonton, baik di jalan maupun di dalam acara resminya, serta terlibat dalam kegiatan mencetak tangan. Melakukan wawancara, mempromosikan festival dengan berbagai cara. Setahu saya, duta besar Kim So Eun sekarang sedang mulai menghadapi ujian tengah semester saat acara berlangsung.
“Pada saat upacara pembukaan tanggal 28 Mei nanti juga ada UTS. Aku akan menjalankan UTS dengan cepat. Pada saat UTS esok harinya, juga harus ikut ujian lagi. Mungkin aku akan sambil belajar untuk ujian saat berpartisipasi dalam JIFF nanti, dan jangan heran apabila melihat mata saya bengkak seperti tidak tidur (tertawa). Karena masih ada waktu tersisa, sebagai mahasiswa, ada kekhawatiran bagaimana supaya bisa mengkoordinir (membagi waktu) dengan melakukan tugas sebagai duta.”
Yang tidak ingin melewatkan kehadiran Kim So Eun, temui dia di acara 12th Jeonju International Film Festival.

0 komentar:

Posting Komentar